Cara membuat Kue Bandros / Kue Pancong lezat

Kue Bandros / Kue Pancong. Sekilas, bentuk dari kue pancong, kue rangi, bandros, dan gandos ini memang terlihat sama. tapi sebenarnya berbeda, karena cetakan yang Kue pancong dan kue gandos biasanya disajikan polos begitu saja, karena memang rasanya sudah sangat enak. Untuk kue rangi, biasanya disajikan dengan. Kue pancong merupakan salah satu jenis kue atau camilan yang terbuat dari perpaduan kelapa parut, tepung beras, santan, dan garam.

Kue Bandros / Kue Pancong Kue pancong (en indonesio y Betawi ), kue pancung (en malay de Sumatra ), bandros (en sundanés ) o gandos (en javanés ) es un kue indonesio o merienda tradicional hecha de harina de arroz y masa a base de cocoy cocinado en un especial molde de pan. Es un bocadillo comúnmente encontrado en. Kue Gandos ada yang menyebutnya kue rangin ataupun kue pancong orang Bojonegoro mengatakan tratak jaran, orang Bandung menyebutnya bandros, orang Jakarta mengistilahkan kue pancong, orang Surabaya menamainya makanan rangin, dan orang Bali memberi nama daluman. Kamu bisa menyajikan Kue Bandros / Kue Pancong using 6 Bahan-bahan dan 5 cara membuat. begini cara membuat.

Bahan untuk membuat Kue Bandros / Kue Pancong

  1. kamu membutuhkan 450 ml of santan (dari 2 bks santan instan + air).
  2. siapkan 140 gram of tepung beras.
  3. siapkan 1 sdm of tepung tapioka.
  4. kamu membutuhkan 1 sdt of garam.
  5. siapkan 150 gram of kelapa setengah tua/kelapa urap.
  6. siapkan Secukupnya of gula pasir utk topping dan taburan.

Kue pancong digadang-gadang sebagai makanan khas Betawi, khususnya Jakarta. Ada dua versi mengenai kue pancong dari segi bahan bakunya. Sebagian menyatakan kue pancong mirip dengan rangin Jawa Timur atau kue bandros khas Bandung, yakni adonan yang berbahan dasar. Versi kue dengan campuran kelapa ini disebut-sebut sebagai versi asli kue pancong yang telah lama dikenal.

Kue Bandros / Kue Pancong Cara membuat

  1. Hangatkan santan dgn api kecil, hingga hangat kuku, sisihkan dahulu.
  2. Dalam wadah campur tepung beras, tapioka dan kelapa kemudian masukan santan secara bertahap, tambahkan garam aduk sampai rata.
  3. Panaskan cetakan kue pukis, oles dgn minyak tuang adonan hingga 3/4 tinggi cetakan, tutup supaya matangnya merata setelah setengah matang taburi gula pasir dan biarkan kering.
  4. Angkat kue apabila bagian bawahnya sdh berwarna kuning kecoklatan.
  5. Sajikan dgn taburan gula pasir, selamat mencoba 😍.

Di resepnya, bahan-bahan khas yang digunakan adalah tepung beras dan kelapa parut. Sebagian orang menyebut versi ini mirip dengan kue bandros khas Bandung atau rangi dari Jawa. Resep kue pancong paling terkenal yakni resep kue pancong betawi dan resep kue pancong bandung ( bandros ). Sebenarnya beberapa daerah punya resep kue tradisional ini namun dengan nama yang berbeda, seperti di jawa dinamakan sebagai kue rangin, sedangkan di daerah bali. Kue Pancong merupakan sebuah varian kue basah yang memiliki bentuk setengah lingkaran.

Komentar