Cara menyajikan Kue awug/Dongkal khas indramayu lezat

Kue awug/Dongkal khas indramayu. Dodongkal atau Dongkal adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Lestarikan kue - kue khas Nusantara! Kue dongkal ini bisa kamu temui di: Daerah Rawa Belong, Jakarta Barat Tepatnya depan Alfamart Rawa Belong.

Kue awug/Dongkal khas indramayu Kue Dongkal Beras Asli Makanan Tradisional Khas Jawa Barat. Cara membuat kue gemblong khas Indramayu ini sangat sederhana, yaitu singkong yang telah diparut kemudian diperas, garam, kelapa parut Dahulu makanan khas Indramayu tersebut, dibuat hanya pada acara tertentu, dimana kuliner yang satu ini dimaksudkan sebagai kuliner untuk menolak bala. Kue geblog ataugemblong Indramayu tentunya berbeda dengan kue gemblong dari daerah lainnya. Kamu bisa membuat Kue awug/Dongkal khas indramayu using 9 Bahan-bahan dan 6 cara membuat. begini cara membuat.

Bahan untuk membuat Kue awug/Dongkal khas indramayu

  1. siapkan 1 gelas of tepung beras (asli nepung sndiri jangan beli kemasan).
  2. kamu membutuhkan of gula merah sesuai selera(sisir kecil").
  3. siapkan of garam secukup ny.
  4. siapkan 5 SDM of klapa parut.
  5. kamu membutuhkan 1/2 sdt of vaneli.
  6. kamu membutuhkan of air secukup ny.
  7. siapkan of Bahan tambahan:.
  8. kamu membutuhkan of daun pandan kalo ada biar wangi.
  9. kamu membutuhkan of kelapa parut+garam buat toping d atas jika dongkal sudah mateng.

Makanan khas Indramayu dongkal adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung beras Dongkal banyak tersedia di toko oleh-oleh di Indramayu. Buah Mangga Surganya tanaman mangga adalah di tempat asalku Indramayu. Orang tua saya selain menjadi petani padi juga berkebun pohon mangga. Menurut beberapa temanku yang berasal dari luar kota, rasa buah mangga Indramayu dengan buah.

Kue awug/Dongkal khas indramayu Cara membuat

  1. Saya menggunakan tepung beras sndiri ya bun pertama rendam beras kurang lebih 3 jam lalu d tus kan lalu saya blender menggunakan blender kusus bahan kering lalu tepung beras tersebut d ayak biar ngga kasar..
  2. Lakngkah kedua panaskan langseng yang sudah d isi air bisa juga menggunakan dangdang/kukusan yah untuk mengukus ny lebih enak sih pake kukusan berhubung saya g punya ya saya memakai langseng panci ajh.
  3. Lalu siapkan semua bahan.
  4. Lalu campurkan adonan tepung beras, klapa, garam, vaneli, air sedikit demi sedikit jangan terlalu banyak air karna adonan ny awug gitu asal ngrempel ajah seperse gambar di samping.
  5. Lalu masukan adonan ke dalam panci langseng sedikit buat alas bawah lalu sisiran gula merah di taro d atas ny sama rata kalo ada daun pandan bisa d tambah kan daun pandan lalu d tutup lagi dengan tepung ny lalu kasih gula lagi d susun gitu bun sampai adonan habis lalu tutup biarkan 30 menit kurang lebih ny sampai mateng lalu angkat.
  6. Kue awug/dongkal siap d sajikan bun d sajikan dengan taburan parut klapa yah biar tambah mantep meet mencoba gampang kan 😍😍😍.

Oleh-oleh Khas Indramayu - Indramayu merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Barat. Kota ini selain terkenal dengan mangga Indramayu yang dijamin manis dan memiliki aroma yang menyegarkan ini juga memiliki beragam makanan atau jajanan khas. Dodongkal atau Dongkal adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Dongkal terbuat dari beras yang ditumbuk halus hingga menghasilkan tepung. Kemudian tepung beras yang telah halus diisikan gula aren dan dikukus.

Komentar