Cara membuat Apem safar cirebon enak

Apem safar cirebon. Kue apem adalah makanan cemilan dan juga bisa dijadikan makanan khas Cirebon. Tradisi masyarakat Cirebon di bulan Shafar adalah membuat apem atau membeli apem di pedagang. Biasanya, cobaan dan bencana alam datang pada setiap akhir bulan safar dalam kalender jawa.

Apem safar cirebon Di Cirebon, kue apem dimaknai sebagai kue kebersamaan. Menunjukkan bahwa masyarakat saling membantu dengan sarana kue apem tersebut. Sebagian masyarakat Cirebon percaya pada bulan Safar ini berusaha untuk menghindari perjalanan jauh, pekerjaan berbahaya dan pernikahan. Kamu bisa membuat Apem safar cirebon using 16 Bahan-bahan dan 4 cara membuat. begini cara membuat.

Bahan untuk membuat Apem safar cirebon

  1. siapkan 250 gr of tepung beras.
  2. siapkan 1 Bks of santan instant.
  3. siapkan 1/2 sdt of bp.
  4. kamu membutuhkan 2 gls of air.
  5. siapkan 1 sdm of gula pasir(sy ga pke).
  6. kamu membutuhkan 2 sdm of tepung sagu/tapioka.
  7. siapkan 1 sdt of fermipan.
  8. siapkan 150gr of Tape singkong (pke nasi juga bisa 1/2gls).
  9. kamu membutuhkan of Bahan kinca.
  10. siapkan 200 gr of gula merah.
  11. siapkan 1/2 butir of kelapa(stngh tua,parut).
  12. kamu membutuhkan 3 sdm of gula pasir.
  13. siapkan Sejumput of garam.
  14. siapkan 3 of lmbar daun pandan.
  15. kamu membutuhkan 2 gls of air(klo yg suka kental boleh di kurangi airnya).
  16. kamu membutuhkan 1 sdm of sagu/tapioka beri 1 sdm air aduk.

Dianjurkan pada bulan ini banyak membantu orang lain dan memperbanyak sedekah khususnya untuk anak-anak yatim, para janda tua, panti jompo, dan mempererat tali silahturahmi di antara sesama. Bulan Safar bulan apem, sudah jadi tradisi di masyarakat saya kalau bulan safar pada sedekah apem, walaupun sekarang sudah semakin jarang yang membuat kue ini. Apem merupakan kue tradisi yang biasa dibagi-bagikan pada bulan Shafar. Konon agar masyarakat diberi rakhmat oleh Allah swt dan terhindar dari kesialan.

Apem safar cirebon Cara membuat

  1. Siapkan air 2 gelas masukan santan instant aduk bagi 2,1 gelas santan campurkan ke tape singkong(nasi)blender halus,klo pke tape singkong buang serat" nya/di saring.
  2. Tepung beras,tepung sagu,fermipan,bp gula campur jdi satu masukan 1 gelas santan,aduk masukan tape/nasi yg sudah di blender aduk rata tepuk"sampai ada gelembung" diamkan 1 atau 2 jam makin lama makin bagus.
  3. Sesudah di diamkan cetak.
  4. Bahan kinca masukan air k parutan kelapa peras" masukan irisan gulmer,gula pasir,garam daun pandan masak sampai mendidih beri larutan tepung sagu/tapoika )agar kinca aga kental) 1 resep ini dapat 1 piring apem.

Shafar merupakan bulan menjelang maulid (Robiulawal) yang merupakan bulan kelahiran Nabi Besar Muhammad saw. Sebagian masyarakat Cirebon percaya pada bulan Safar ini berusaha. Apem Kinca Bulan Safar adalah bulannya Apem. Di tempat lain, semisal Mandirancan, Apem Safar disebut juga Cimplo. Apem Cirebon berbentuk kotak seperti irisan ketan uli.

Komentar