Resep: Kue Cenil jajanan khas jawa enak

Kue Cenil jajanan khas jawa. Kali ini saya MEMBUAT CENIL PALING MUDAH DAN ENAK atau Klanting Jajan Pasar Khas Jawa timur. Resep dari bibi saya dulu hanya memakai kanji atau tapioka saja. Jajanan khas kota Solo yang kalo dimakan bakal kerasa kenyal-kenyal dimulut apalagi disiram dengan kuah santanya pokoknya nikmat deh.

Kue Cenil jajanan khas jawa Cara Membuat Kue Cenil Aka Cethil Dan Resepnya. Membuat Kue Tiwul Jajanan Tradisional Yang Empuk Wueenak Tenan. Klanting Bugel Oleh Oleh Khas Bagelen Purworejo Gurih Renyah Uenak Tenan. Kamu bisa membuat Kue Cenil jajanan khas jawa using 8 Bahan-bahan dan 7 cara membuat. begini cara menyajikan.

Bahan untuk membuat Kue Cenil jajanan khas jawa

  1. kamu membutuhkan 250 gr of sagu.
  2. siapkan 250 gr of tepung terigu.
  3. kamu membutuhkan 1 of kelapa parut kupas.
  4. siapkan of Pewarna makanan merah dan hijau.
  5. siapkan 1 sdm of garam.
  6. kamu membutuhkan 1 blok of gula jawa.
  7. kamu membutuhkan of Vanili essence.
  8. kamu membutuhkan of Air hangat.

Kue basah yang satu ini terbuat dari pati singkong dan tepung kanji. Teksturnya yang kenyal bikin orang ketagihan. Jadi, makan satu cenil dijamin tak cukup. Lupis atau lopis, jajanan pasar yang terbuat dari beras ketan.

Kue Cenil jajanan khas jawa Cara membuat

  1. Campur sagu dan terigu. Tambahkan 1 sdm garam. Lalu 1 sdm vanili essense. Campur sedikit demi sedikit air hangat hingga bisa diuleni..
  2. Kukus kelapa parut 15-20 menit. Jika sudah matang. Keluarkan dr kukusan lalu beri 1/2 sdm garam. Aduk ratakan..
  3. Setelah adonan tepung kalis. Bagi 2. Bagian 1 beri pewarna hijau. Bagian 2 beri pewarna merah. Setelah itu pilin2 sesuai bentuk yg kalian mau. Sy bikin seperti cendol dan bikin yg bulat jg..
  4. Rebus air hingga mendidih. Lalu masukan cenil yg sdh dibentuk2. Jika sudah mengapung angkat pastikan bagian dlmnya matang. Sy rebus kurang lebih 15menitan..
  5. Sambil merebus cenil. Kita bisa juga merebus gula jawa ditambah segelas air. Setelah gula mendidih beri 1 sdm meizena. Tuang ke dalam wadah/botol..
  6. Cenil yg sudah matang direbus td. Di tiriskan jika sudah tidak panas. Cenil dimasukan ke dlm parutan kelapa td. Sajikan di piring. Lalu tuang dgn air gula jawa. Hmmm rasanya kenyel2 enak lumayan buat cemilan..
  7. Untuk video lengkapnya. Bisa lihat di (youtube dapurnya isty).

Kue ini punya bentuk yang unik, yaitu berbentuk. Kue cenil adalah kudapan yang cukup populer di Indonesia, yang berasal dari Jawa Tengah. Selain dengan tepung sagu, adonan akan diberi campuran gula pasir yang memberi rasa manis, vanili yang memberi aroma khas untuk kue cenil ini, lalu dibalur dengan kelapa parut yang memberi rasa gurih. Kue tradisional Jawa yang satu ini juga banyak dijual oleh pedagang kue yang ada di pasar-pasar. Ya, kue mendut adalah kue tradisional khas Solo.

Komentar