Resep: Kue Garpu/Kewuk rasa cikur/kencur Segar

Kue Garpu/Kewuk rasa cikur/kencur. Yg belum nyoba yu di order@ Cicrunch Kue Kencur. Kue kencur atau kue cikur adalah salah satu jenis olahan kue yang memiliki rasa gurih karena menggunakan daun bawang dan bawang putih dalam resepnya. Selain gurih, proses pembuatan kue ini cukup unik karena menggunakan garpu agar terlihat teksturnya.

Kue Garpu/Kewuk rasa cikur/kencur Resep nasi goreng kencur/ cikur yang pas dengan citarasa resep sunda ditambah dengan selera pedas nan Anda pasti penasaran tambahan bumbu kencur yang seringkali dijadikan jamu kini dapat dimasak Jangan khawatir rasa nasi goreng akan getir karena ternyata tambahan kencur ini dapat. Zaman dulu, Kencur sangat lazim digunakan sebagai obat sakit tenggorokan. Kencur juga biasa digunakan sebagai obat kembung dengan cara ditumbuk atau langsung dikunyah. Kamu bisa menyajikan Kue Garpu/Kewuk rasa cikur/kencur using 9 Bahan-bahan dan 4 cara membuat. begini cara menyajikan.

Bahan untuk membuat Kue Garpu/Kewuk rasa cikur/kencur

  1. siapkan 250 gr of tepung terigu.
  2. siapkan 5 sdm of tepung tapioka/aci.
  3. siapkan 3 sdm of margarin.
  4. kamu membutuhkan 1 butir of telur.
  5. siapkan 2 sdt of royco (me: rasa sapi, ayam jg bisa).
  6. kamu membutuhkan 2 siung of bawang putih (haluskan).
  7. kamu membutuhkan 3 cm of kencur/cikur (haluskan).
  8. siapkan Secukupnya of seledri diiris tipis.
  9. kamu membutuhkan Secukupnya of air matang.

Manfaat lain dari kencur adalah sebagai obat penghilang rasa capek setelah beraktifitas. Resep kue garpu cukup terkenal di beberapa daerah di Indonesia, meskipun tiap daerah mempunyai sebutan berbeda. Resep kue garpu ini sengaja tidak menggunakan bahan penyedap rasa untuk menghindari rasa yang terlalu kuat sekaligus mempertahankan kualitas rasa alami. Kue cucur (Indonesian) or kuih cucur (Malay), known in Thai as khanom fak bua (ขนมฝักบัว, pronounced [kʰā.nǒm fàk būa̯]) or khanom chuchun (ขนมจู้จุน or จูจุ่น), is a traditional snack from Indonesia, and popular in parts of Southeast Asia, includes Indonesia, Malaysia.

Kue Garpu/Kewuk rasa cikur/kencur Cara membuat

  1. Campurkan tepung terigu, tepung tapioka, royco, margarin, dan telur, aduk sampai tercampur rata..
  2. Blender bawang putih dan kencur dengan sedikit air. Kemudian masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Uleni sampai kalis, bila belum kalis bisa ditambahkan air lagi sedikit demi sedikit..
  3. Ambil secubit adonan lalu cetak di bagian belakang garpu, bulatkan kemudian ditata di wadah, jangan ditumpuk ya nanti nempel..
  4. Terakhir goreng di dalam minyak panas dengan api sedang sampai kuning keemasan. Angkat, tiriskan, dan masukkin ke toples..

Pilus cikur atau pilus kencur adalah makanan tradisional berbentuk bulat-bulatan kecil dan teksturnya renyah dengan rasa kencur. Nama lainnya sukro cikur atau sukro kencur. Setahu saya kalau pilus itu tanpa isi atau kopong kalau sukro isinya kacang tanah goreng. Hidangan kue garpu biasanya akan banyak kita jumpai saat momen lebaran tiba. Kue dengan nama atau sebutan berbeda di beberapa daerah ini selalu menjadi hidangan nikmat dan banyak disertakan sebagai menu kue istimewa saat hari lebaran.

Komentar